Pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia.
Pemasaran adalah fungsi organisasi dan seperangkat proses penciptaan , berkomunikasi , dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemangku kepentingan. (Kotler & Keller, 2008)
Pemasaran adalah fungsi organisasi dan seperangkat proses penciptaan , berkomunikasi , dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemangku kepentingan. (Kotler & Keller, 2008)
Manajemen Pemesaran adalah Seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai bagi pelanggan yang unggul. (Kotler & Keller, 2008)
Yang dipasarkan :
1. Barang
2. Jasa
3. Acara
4. Pengalaman
5. Tempat
6. Informasi
7. Ide
8. Orang
9. Properti
10. Organisasi
Aspek yang membentuk pengalaman pelanggan :
· Layout
· Desain kemasan
· Fungsi produk
· Pelatihan karyawan
· Metode pengiriman
1.
Analisis peluang pemasaran
Tujuan : mengidentifikasi produk atau
layanan yang prospektif dan
mengukur besarnya demand
Cara :
•
Market Research
•
Memperhatikan perilaku pasar
•
Analisis produk pesaing atau eksisting produk
2.
Pemilihan Pasar Sasaran
Tujuan
: Memilih pasar yang akan dilayani
kebutuhannya.
Alasan :
•
Pasar terlalu luas
•
Kebutuhan setiap segmen bisa berbeda-beda
•
Kemampuan dan daya beli bertingkat – tingkat
3.
Perancangan Strategi Pemasaran
Tujuan : membuat strategi,target pasar yang sama seringkali menjadi bidikan perusahaan pesaing juga.
Tujuan : membuat strategi,target pasar yang sama seringkali menjadi bidikan perusahaan pesaing juga.
Membangun Strategi :
•
Menciptakan keunggulan
•
Membangun positioning
4.
Pengembangan Program Pemasaran
Tujuan : Merumuskan program-program untuk menumbuhkan minat beli konsumen.
Tujuan : Merumuskan program-program untuk menumbuhkan minat beli konsumen.
Meliputi :
4p,7p,9p (marketing mix)
5.
Pengelolaan Upaya Pemasaran
Tujuan : Mengorganisasikan,
Mengimplementasikan dan Mengendalikan Upaya-Upaya Pemasaran
Meliputi :
•
Laporan Keuangan
•
Kepuasan Pelanggan
•
Awareness
•
Word of mouth
•
Viral
Konsep inti dalam pemasaran:
· - Kebutuhan
· - Keinginan
· - Permintaan
· - Segmentasi
· -Pasar sasaran
· - Positioning
· -Penawaraan dan merek
-Penawaran :kombinasi ‘psie’
(product,service,experience)
Merek :citra
· - Nilai dan kepuasan
Nilai : kommbinasi
‘qsp’(quality,service,price)
Kepuasan : produk vs ekspektasi
· -Saluran pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar