Mengapa informasi penting? Pengembangan dan pengimplementasian Rencana Pemasaran
memerlukan sejumlah keputusan.
Untuk memberikan pengetahuan dan inspirasi
bagi pengambil keputusan pemasaran, perusahaan harus memiliki informasi
terbaru yang komprehensif tentang tren makro juga tentang efek
mikro bagi bisnis. Informasi menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan. Informasi unggul yang akurat, up-to-date akan menjadi
keunggulan kompetitif.
Sekarang ini kebutuhan akan sistem informasi
semakin dibutuhkan, faktor pendorong akan munculnya kebutuhan lebih atas sistem
informasi, antara lain:
1. Perluasan jangkauan pasar
2. Peralihan orientasi dari Need pembeli ke Want pembeli
3. Peralihan dari persaingan harga ke persaingan non harga
Sistem informasi pemasaran yaitu sebuah
sistem yang terdiri dari manusia, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan,
memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi. Informasi
sampai tepat waktu dan akurat kepada pengambil keputusan pemasaran. Fungsi
sistem informasi pemasaran yaitu mendukung seluruh proyek Manajemen Pemasaran.
Kaitan Pemasaran dengan Manajemen Pemasaran
Marketing
Manajemen Proses
Sistem Informasi Pemasaran
Komponen Sistem Informasi Pemasaran
Sistem Pencatatan Internal
a. Siklus Pesanan – sampai –
Pembayaran
· Bentuk Sistem Informasi Pemasaran paling mendasar
b. Sistem Informasi Penjualan
· Kebutuhan data laporan penjualan yang akurat & tepat
waktu (terbaru &terkini)
Sistem Intelijen Pemasaran
Sistem intelijen pemasaran merupakan kumpulan
prosedur dan sumber daya yang digunakan untuk mendapatkan informasi
harian mengenai perkembangan lingkungan pemasaran. Diperoleh melalui
membaca buku, surat kabar, berbicara dengan pelanggan, mengamati media sosial,
dan sebagainya.
Sistem Penelitian Pemasaran
Pendekatan yang ditempuh secara sistematis
& objektif untuk mendapatkan data/ informasi yang akan digunakan untuk
proses pengambilan keputusan bidang pemasaran.
Pemasar membuat :
• keputusan taktis dalam jangka pendek.
• keputusan strategis dalam jangka panjang.
Sistem Pendukung Keputusan
Sistem terintegrasi yang terdiri atas :
· Perangkat keras
· Jaringan komunikasi
· Database
· Pengguna sistem (yang mengumpulkan dan
menginterpretasikan informasi untuk pembuatan keputusan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar