Selasa, 02 Februari 2016

Sistem Informasi Pemasaran (Rangkuman Materi Minggu ke 3-4)

Mengapa informasi penting? Pengembangan dan pengimplementasian Rencana Pemasaran memerlukan sejumlah keputusan.
Untuk memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi pengambil keputusan pemasaran, perusahaan harus memiliki informasi terbaru yang komprehensif tentang tren makro juga tentang efek mikro bagi bisnis. Informasi menjadi kekuatan dalam menghadapi persaingan. Informasi unggul yang akurat, up-to-date akan menjadi keunggulan kompetitif.
Sekarang ini kebutuhan akan sistem informasi semakin dibutuhkan, faktor pendorong akan munculnya kebutuhan lebih atas sistem informasi, antara lain:
1.    Perluasan jangkauan pasar
2.    Peralihan orientasi dari Need pembeli ke Want pembeli
3.    Peralihan dari persaingan harga ke persaingan non harga

Sistem informasi pemasaran yaitu sebuah sistem yang terdiri dari manusia, peralatan, dan prosedur untuk mengumpulkan, memilah, menganalisis, mengevaluasi, dan mendistribusikan informasi. Informasi sampai tepat waktu dan akurat kepada pengambil keputusan pemasaran. Fungsi sistem informasi pemasaran yaitu mendukung seluruh proyek Manajemen Pemasaran.

Kaitan Pemasaran dengan Manajemen Pemasaran

Marketing Manajemen Proses



                       
Sistem Informasi Pemasaran


Komponen Sistem Informasi Pemasaran








Sistem Pencatatan Internal
a.    Siklus Pesanan – sampai – Pembayaran
·         Bentuk Sistem Informasi Pemasaran paling mendasar

b.    Sistem Informasi Penjualan
·         Kebutuhan data laporan penjualan yang akurat & tepat waktu (terbaru &terkini)

Sistem Intelijen Pemasaran
Sistem intelijen pemasaran merupakan kumpulan prosedur dan sumber daya yang digunakan untuk mendapatkan informasi harian mengenai perkembangan lingkungan pemasaran. Diperoleh melalui membaca buku, surat kabar, berbicara dengan pelanggan, mengamati media sosial, dan sebagainya.


Sistem Penelitian Pemasaran
Pendekatan yang ditempuh secara sistematis & objektif untuk mendapatkan data/ informasi yang akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan bidang pemasaran.
Pemasar membuat :
       keputusan taktis dalam jangka pendek.
       keputusan strategis dalam jangka panjang.

Sistem Pendukung Keputusan
 Sistem terintegrasi yang terdiri atas :
·         Perangkat keras
·         Jaringan komunikasi
·         Database
·         Pengguna sistem (yang mengumpulkan dan menginterpretasikan informasi untuk pembuatan keputusan)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar