Ada beberapa variabel yang menjadi landasan PT. Toyota
Astra Motor dalam menentukan segmenting, yaitu :
1. Geografis
Toyota
melihat bahwa setiap wilayah negara memiliki kebutuhan yang berbeda oleh karena
itu Toyota mensegmentasi berdasarkan geografis. Segmentasi di sini adalah
negara-negara di seluruh dunia.
2. Demografis
Ø Umur
: Toyota melihat segmentasi pasarnya berdasarkan umur yakni anak kecil, remaja,
dewasa, dan lanjut usia.
Ø Gender
: Toyota melihat segmentasi pasarnya berdasarkan jenis kelaminnya yakni
perempuan dan laki-laki.
Ø Family
size : Toyota melihat segmentasi pasarnya berdasarkan jenis keluarga yakni
keluarga kecil (individu; istri, suami; istri, suami, 1-3 anak) dan keluarga
besar (lebih dari 5 orang)
Ø Pendapatan
: Toyota melihat segmentasi pasarnya berdasarkan jenis pendapatan. Yakni kelas
menengah ke bawah, kelas menengah, dan kelas menengah ke atas.
3. Psikografis
Gaya hidup : Toyota
melihat segmentasi pasarnya berdasarkan gaya hidupnya yakni sederhana/simple,
mewah/glamour, dan sporty
Tidak ada komentar:
Posting Komentar