Minggu, 07 Februari 2016

Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Sejarah perkembangan produk shampo sunsilk
·         1952: Diluncurkan untuk pertama kalinya di pasar Indonesia (dalam botol kaca).
·         1970:Sunsilk diluncurkan kembali dengan menggunakan botol rancangan Internasional dan pada saat yang sama varian kedua “lemon” diluncurkan.
·         1975:Sunsilk hitam – sampo hitam pertama yang diperkenalkan di pasar dan kemudian menjadi varian tulang punggung merek ini.
·         1995:Pendekatan bahan ganda (yaitu varian minyak kelapa dan mawar) diperkenalkan di pasar.
·         1997:Peluncuran kembali jajaran produk (5 varian) dengan menggunakan pendekatan varian ganda dan juga bentuk botol baru.
·         1999:Peluncuran kembali deretan dengan menggunakan Fruitamin sebagai pendekatan baru teknologi ilmu alam (Proyek Apolo).
·         2001:Peluncuran kembali jajaran produk dengan menggunakan bahan bergizi sebagai pendekatan teknologi baru (Proyek Voyager).
·         2003:Peluncuran kembali deretan dengan menggunakan bentuk botol baru (Proyek Merkuri).
·         2006:Peluncuran kembali jajaran produk dengan rancangan permukaan baru (Proyek Aurous).
·         2010: Sunsilk kembali Melakukan Revolusi dengan Inovasinya Di Industri Kecantikan Rambut. Sunsilk Bekerja Sama Dengan 7 Pakar Rambut Dunia Untuk menghasilkan Formulasi Terbaik Sunsilk Yang Menggabungkan Teknologi Tinggi Yang Dimiliki Sunsilk Dengan Ilmu Dan Pengalaman Dari Para Ahli Rambut Terkemuka Di Bidangnya. Dengan Pakar-pakar Rambut Yang memiliki Keahlian Di bidangnya Masing-Masing Untuk Mengatas Berbagai Permasalahan Rambut, Sunsilk Membawa Solusi Bagi Para Wanita Di dunia Yang menginginkan Penampilan yang Sempurna Dengan Rambut Yang Indah dan Bebas Masalah.
·         2013: Sunsilk Kembali Melakukan Revolusi dengan wajah Baru dan masih bekerja sama dengan 7 Pakar rambut Dunia.
·         2014: Sunsilk Meluncurkan Varian terbaru LIVELY STRAIGHT



Produk yang dikeluarkan oleh Sunsilk
·         Sunsilk Black Shine
·         Sunsilk Anti Dandruff Solution
·         Sunsilk Nourishing Soft & Smooth
·         Sunsilk Clean & Fresh
·         Sunsilk Hair Fall Solution
·         Sunsilk Damage Hair Treatment
·         Sunsilk Frizz and Weather Defense
·         Sunsilk Lively Straight 

Seperti yang sudah diapaparkan diatas, Sunsilk mengeluarkan banyak produk. Sunsilk memasarkan seluruh produknya dengan cara yang bervariasi sesuai dengan produknya, tergantung dengan keadaan perilaku konsumennya. Pada kesempatan kali ini kami mengidentifikasi faktor yang memengaruhi perilaku konsumen tentang produk shampo sunsilk Clean and Fresh
1.    Faktor Budaya
Melihat bahwa masyarakat Indonesia mayoritas beagama islam sehingga banyak wanita yang menggunakan hijab. Melihat keadaan ini Sunsilk berinovasi untuk membuat sebuah produk yang ditujukan untuk wanita berhijab. Produk Sunsilk Fresh and Clear ini dipasarkan ke negara – negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam seperti Indonesia dan Malaysia.

2.    Faktor Sosial
Iklan Shampo Sunsilk di setiap Negara memiliki brand ambassador yang berbeda. Di Indonesia brand ambassador untuk produk shampo Clean and Fresh yaitu Laudya Cynthia Bella. Laudya Cynthia Bella merupakan icon Hijabers. Dalam iklan produk ini ditampilkan hasil penelitian bahwa shampo Clean and Fresh ini sudah teruji.

3.    Faktor Pribadi
Laudya Cynthia Bella merupakan artis. Di Indonesia artis memiliki banyak pengaruh terhadap persepsi masyarakat. Lalu penelitian dilakukan oleh pakar ahli dalam bidang kulit kepala sehingga masyarakat menjadi lebih yakin terhadap produk yang diciptakan.

Iklan yang ditampilkan pada setiap negara berbeda :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar